Faktor Kematangan Dan Pengalaman Dalam Perkembangan Anak

Faktor Kematangan Dan Pengalaman Dalam Perkembangan Anak


Kematangan (maturation) adalah urutan perubahan yang dialami individu secara teratur yang ditentukan oleh rancangan genetiknya (Santrock dan Yussen, 1992). Kematangan dianggap sebagai suatu pembawaan (nature), yakni warisan biologis organisme yang dibawa sejak lahir. Disisi lain, pengalaman (experience) merupakan peristiwa-peristiwa yang di alami oleh individu dalam berinteraksi dengan lingkungan (nurture), yakni sebagai pengalaman-pengalaman environmental yang diperoleh individu dalam kehidupannya.
Para ahli psikologi perkembangan menekankan unsure kematangan atau pembawaan (maturationists) mengklaim warisan biologis sebagai unsur yang paling mempengaruhi perkembangan anak. Sebaliknya para ahli yang mengutamakan unsure pengalaman atau lingkungan (nurture) menganggap pengalaman-pengalama environmental sebagai factor yang paling penting dalam perkembangan anak.
Menurut pandangan naturasional, pada dasarnya individu berkembang dalam cara yang terpola secara genetik, kecuali kalau terganggu atau terhambat oleh faktor lingkungan yang sifatnya merusak. Rancangan atau struktur genetic akan menghasilkan komunalitas- komunalitas dalam pertumbuhan dan perkembangan individu.
Kaum maturarasionalistists mengakui bahwa kondisi lingkungan yang ekstrim dapat menyebabkan gangguan terhadap proses perkembangan anak, tetapi mereka meyakini bahwa kecenderungan-kecenderungan dasar pertumbuhan dan perkembangan individu telah terpola secara genetik.
Sebaliknya, kaum environmentalists menekankan pentingnya pengalaman dalam perkembangan anak. Unsur genetik individu sekedar mewariskan potensi dasar. Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan.
Disamping dua kelompok aliran diatas, ada pula paara ahli perkembangan (interationests) yang mempercayai bahwa hampir semua kualitas fisik dan psikis individu merupakan hasil dari pengaruh pembawaan dan lingkungan.
Dalam prakteknya, menentukan kontribusi kematangan (pembawaan) dan pengalaman (lingkungan) terhadap pertumbuhan dan perkembangan individu secara pasti akan sulit dilaksanakan.


Sekian artikel mengenai Faktor Kematangan Dan Pengalaman Dalam Perkembangan Anak.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Faktor Kematangan Dan Pengalaman Dalam Perkembangan Anak
Ditulis Oleh : Andrean Perdana
Sekian artikel mengenai Faktor Kematangan Dan Pengalaman Dalam Perkembangan Anak ini. Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi, atau bisa juga dengan fasilitas search di bagian atas artikel.
0 komentar "Faktor Kematangan Dan Pengalaman Dalam Perkembangan Anak", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment